Tiba-tiba Merasa Sangat Kelelahan, Hati-hati Itu Bisa Jadi Tanda Kanker



Sebagian kanker dapat terjadi pada umur muda. Data di Inggris, 2500 orang terserang kanker pada umur 13-24 tahun. Menurut peneliti, kanker yang nampak pada umur muda ternyata menunjukkan gejala.
Sayangya timbulnya tanda-tanda itu sering kali tidak disadari baik oleh pasien ataupun dokter saat berobat. Terlebih, kanker pada umur muda sangat tidak sering ditemui hingga diagnosis lebih pada penyakit.
Menurut The Teenage Cancer Trust, diagnosis yang terlambat bikin kesehatan mereka makin lebih buruk.

 Tersebut 5 gejala paling umum dari penyakit kanker pada umur muda. 

1. Nyeri : Merasa nyeri yang tidak hilang setelah diobati dengan obat penghilang nyeri. Rasa nyeri ini sering kali diabaikan.

2. Benjolan : Terjadi benjolan atau pembengkakkan dibagian badan. Bila ada benjolan, segera kontrol ke dokter.

3. Sangat kelelahan : TIba-tiba selalu terasa sangat kelelahan padahal beraktivitas seperti biasa mungkin saja tanda kanker.

4. Penurunan berat badan : Terjadi penurunan berat tubuh dengan cara drastis tanpa di ketahui pemicunya.

5. Perubahan tahi lalat : Segera check dokter bila tahi lalat beralih warna ataupun ukuran.

Kanker yang paling umum terjadi pada umur muda yaitu karsinoma, yakni kanker yang berkembang dari beberapa sel epitel, seperti kanker tiroid, kanker leher rahim, usus, serta ovarium.
Jenis kanker yang lain, yakni kanker tulang. Bila diakukan mulai sejak awal, tingkat kesembuhan kanker pada umur muda juga lebih tinggi.

“Orang muda mesti diedukasi tentang tanda-tanda kanker ini untuk meyakinkan mereka mencari pertolongan lebih awal. Kita juga mesti bekerja bersama dengan dokter supaya diagnosis terjadi lebih awal, ” tutur Chief Executive dari Teenage Cancer Trust, Siobhan Dunn.
Previous
Next Post »