Apakah Anda Pernah Anyang-Anyangan, Inilah Penyebabnya



Pernah alami anyang-anyangan? Anda awalannya terasa mau buang air kecil, namun lalu urine yang keluar cuma sedikit. Keadaan itu juga tersisa sensasi terbakar di saluran kemih yang bikin sebagian orang terasa mulas serta pusing.

Seperti diterangkan oleh dr. Fresia Juwitasari Wongkar dari meetdoctor. com, anyang-anyangan yaitu penambahan frekwensi berkemih yang disebabkan masalah penyimpanan kencing. Keluhan ini kerap didapati pada infeksi saluran kemih serta masalah persarafan yang mengakibatkan kandung kemih jadi lebih aktif (overactive bladder).

Infeksi Saluran Kemih 

Buang air kecil yang merasa menyakitkan biasanya dikarenakan oleh ISK atau Infeksi Saluran Kemih. Nyeri waktu buang air kecil jadi sinyal umum dari ISK, yang bisa dikarenakan oleh infeksi bakteri atau peradangan pada saluran kemih.

Saluran kemih terbagi dalam uretra, kandung kemih, ureter, serta ginjal. Ureter yaitu tabung yang membawa urine dari ginjak ke kandung kemih. Peradangan yang berlangsung pada salah satu organ ini bisa mengakibatkan rasa sakit waktu berkemih.

Di banding pria, wanita lebih gampang terserang ISK. Hal semacam ini lantaran uretra wanita lebih pendek dari pada pria, serta bakteri lebih mungkin saja hidup di uretra yang lebih pendek.

Menurut laporan, wanita yang tengah hamil atau menopause mempunyai resiko ISK semakin besar dari pada yang lain.

Kandung kemih yang terlampau aktif 

Kandung kemih yang terlampau aktif atau overactive bladder, yaitu satu keadaan kritis yang mengakibatkan seorang mendadak mau buang air kecil. Dorongan itu datang dari kontraksi otot kandung kemih. Keadaan ini dapat juga mengakibatkan kebocoran urine (inkontinensia).
Previous
Next Post »