Makanan yang Bantu Atasi Stres dan Cemas



Beberapa orang yang pilih untuk makan junk food seperti es cream, cookies, atau donat waktu terasa sedih, bimbang, stres maupun kuatir. Tetapi sesungguhnya bukanlah itu makanan yang semestinya diambil, lantaran ada beberapa makanan spesifik yang bisa menghindar sekalian menangani kebimbangan.

Jeanne Ricks, direktur kesehatan holistik dari CIty College, New York, menyampaikan, ada makanan spesifik yang dengan cara positif bisa merubah senyawa kimia otak. Bahkan juga, dengan konsumsi beberapa makanan spesifik ini, beberapa orang tidak butuh lagi konsumsi obat antidepresan untuk mengusir stres mereka.

 " Makanan ini bukan sekedar tingkatkan mood, namun dapat juga kurangi kandungan stres serta kuatir. Jadi saat sebelum konsumsi obat antidepresan, makanan sebenarnya dapat juga jadikan therapy, " katanya.

1. Cokelat hitam
Cokelat hitam sampai kini di ketahui dapat kurangi kandungan Cholesterol " jahat ", kurangi desakan darah, kurangi resiko penyumbatan aliran darah. Tetapi nyatanya beberapa ahli juga memakainya untuk kurangi resiko masalah mood. Nyaris sama juga dengan wine, cokelat hitam memiliki kandungan resveratrol, antioksidan yang melakukan perbaikan system imun. Senyawa ini dapat juga tingkatkan produksi endorfin di otak yang disebut tujuan dari obat-obatan antidepresan.

2. Buah serta sayur
Ahli mengaitkan diet sehat dengan mood serta kesehatan jantung yang tambah baik, satu diantaranya yakni dengan konsumsi buah serta sayur. Kurangi mengkonsumsi gula buatan serta menggantinya dengan sayur serta buah adalah langkah yang baik dalam tingkatkan kandungan serotonin.

3. Telur
Memiliki kandungan nutrisi esensial seperti protein, kalsium, vitamin D serta A, tiamin, riboflavin, serta pantotenik, telur bisa jadi salah satu pilihan therapy untuk tanda-tanda depresi. Telur juga adalah bahan pangan yang alami serta kaya mineral hingga bisa memberi rasa nyaman untuk badan.

4. Ikan berlemak
Ikan berlemak, terutama asam lemak omega-3 adalah salah satu makanan yang dianjurkan untuk menyembuhkan serta menghindar penyakit jantung. Tetapi makanan ini berguna juga untuk menangani masalah mood, termasuk juga depresi, masalah bipolar, serta skizofrenia. Asam eikosapentaenoat (EPA) yang disebut asam lemak omega-3 yang diketemukan dalam salmon, tuna, serta ikan berlemak yang lain bisa kurangi peradangan di otak, sesaat asam dokosapentaenoat (DHA) bisa melakukan perbaikan persinyalan pada senyawa-senyawa kimia dalam otak.
Previous
Next Post »