Menteri Susi dapat mandat dari Jokowi bikin satgas pencurian ikan



Mulai sejak hari pertama duduk di kursi Menteri Kelautan serta Perikanan di kabinet kerja Jokowi-JK, Susi Pudjiastuti menyebutkan perang pada tindakan pencurian ikan di perairan Indonesia. Dia pernah mengusulkan pembentukan unit pekerjaan (satgas) pemberantasan pencurian ikan, tetapi hingga saat ini belum terealisasi.

Selesai menjumpai Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Menteri Susi mengakui didukung dari presiden untuk melakukan sebagian gagasan dan program yang telah didesain.

Menteri Susi menuturkan, salah satu gagasan yang memperoleh lampu hijau dari Presiden Jokowi yaitu membuat satgas Illegal, Unreported serta Unregulated (IUU) Fishing.

 " (Arahan presiden) Lanjut selalu sama menyegerakan pembentukan satgas IUU Fishing yang telah terlambat lama. Tinggal nunggu dari menko maritim approvalnya lantaran dari kita telah ke Setkab, Setkab telah ke menko maritim untuk mempercepat, " kata Susi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/9).

Diluar itu, Presiden Jokowi juga berikan lampu hijau untuk pencabutan izin industri tangkap asing dengan cara keseluruhan. " Jadi untuk industri tangkap sekalipun tak bisa, "

Susi menuturkan, pihak asing bakal diarahkan untuk mengerjakan industri pemrosesan. Dengan kata lain, pemerintah buka pintu lebar-lebar untuk investor asing mengerjakan usaha pemrosesan ikan didalam negeri.

 " Untuk pemrosesan saat ini kan untuk lokasi barat 40 % di lokasi timur bisa 60 % pemrosesan mungkin saja bakal kita naikkan agar asing tertarik untuk investasi di pemrosesan namun tangkapnya tak bisa 100 % sekalipun tak bisa asing tangkap. Mesti nelayan Indonesia, " papar Susi.
Previous
Next Post »